Senin, 18 April 2022

Demi Kelancaran Try Out ASPD-BK, MIN 8 Gunungkidul Adakan Simulasi

 


Semanu --- Sejumlah 39 peserta didik kelas enam MIN 8 Gunungkidul mengikuti simulasi try out Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah Berbasis Komputer (ASPD-BK) pada Senin (18/4/2022). Simulasi ini bertujuan untuk mengajarkan pada peserta didik tentang langkah-langkah mengerjakan try out ASPD, mulai dari mengakses laptop, login akun peserta, cara menjawab soal, hingga log out akun.

“Kendala utama tentunya kurangnya fasilitas laptop yang dimiliki madrasah. Namun berkat kerja sama dengan orang tua peserta didik, kendala tersebut dapat teratasi. Kami meminta bantuan pada orang tua yang memiliki laptop agar sementara dibawa ke madrasah dan digunakan oleh putra-putrinya masing-masing,” tutur Rumiyatun, wali kelas enam.

Selain itu, kendala kedua adalah peserta didik yang belum terbiasa menggunakan laptop. Tampak dalam simulasi terdapat banyak peserta didik yang belum bisa mengakses laptop. Hal ini membuat proktor dan beberapa guru turut terjun ke ruang simulasi untuk membimbing anak-anak mengakses laptop.

“Kondisi peserta didik yang belum terbiasa mengkases laptop adalah hal yang wajar mengingat mereka masih berada di tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Untuk itulah simulasi ini kami adakan sehingga mereka mulai terbiasa mengakses laptop. Pada dasarnya langkah-langkah mengerjakan soal ASPD-BK ini sangat sederhana. Sekali simulasi saja anak-anak sudah mengerti dan mulai nyaman mengakses laptop,”  tambah Hamid selaku proktor ASPD-BK. (tna)

Lokasi: Semanu, Kec. Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar