Kamis, 21 April 2022

ASPD-BK di Depan Mata, MIN 8 Gunungkidul Adakan Try Out

 


Semanu --- Sejumlah 39 peserta didik kelas enam MIN 8 Gunungkidul mengikuti try out Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah Berbasis Komputer (ASPD-BK) selama tiga hari sejak Selasa (19/4/2022) hingga Kamis (21/4/2022).

Try out ASPD-BK ini digelar dalam dua sesi. Sesi pertama diikuti oleh 20 peserta, sedangkan sesi kedua diikuti oleh 19 peserta. Masing-masing sesi diberi durasi waktu mengerjakan selama 90 menit. Sementara untuk mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA.

Agustina, wali kelas 6B menuturkan, try out merupakan ajang yang tepat untuk melatih kemampuan peserta didik dalam mengerjakan latihan soal. Iistilah klasik practice make perfect ternyata benar adanya. Semakin sering peserta didik berlatih mengerjakan soal, tentu mereka akan semakin siap menghadapi ASPD-BK. Tidak hanya itu, dengan mengerjakan soal-soal try out, peserta didik dapat mengetahui lebih jelas atas kapasitas dirinya. Hal ini dapat dijadikan sebagai strategi yang baik dalam mengerjakan soal, yaitu dengan memperbaiki kelemahan.

Pada kesempatan yang sama, Rumiyatun, wali kelas 6A menjelaskan bahwa melalui program try out, peserta didik dapat mengetahui gambaran nyata terkait durasi waktu yang dibutuhkan dalam mengerjakan soal-soal. Dengan demikian, setiap peserta didik dapat menyusun strategi terbaik agar mendapatkan hasil yang maksimal.

“Hasil try out juga bermanfaat untuk mendapatkan gambaran pada pelaksanaan ASPD-BK yang sebenarnya,” pungkas Rumiyatun. (tna)





Lokasi: Semanu, Kec. Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar