Sabtu, 18 Maret 2023

Ujian Praktik Al Quran Hadits di MIN 8 Gunungkidul Bertujuan Tanamkan Cinta Al Quran

 


Ujian praktik kelas 6 MIN 8 Gunungkidul mata pelajaran Al Quran Hadits telah dilangsungkan pada Selasa (14/3/2023) dan Kamis (16/3/2023). Sejumlah 45 peserta didik kelas 6 sukses mengikuti ujian praktik tersebut.

Materi ujian praktik kali ini adalah hafalan surat Ad-Dhuha, hadits tentang Keutamaan Memberi, dan hadits tentang Amal Sholeh. Ketiga materi ini dipilih karena merupakan materi Al-Quran Hadits yang ada di kelas 6.

Tim penguji kali ini adalah Ischak Yama Amalia dan Gunawan. Ischak menuturkan bahwa kriteria penilaian ujian terdiri atas tiga komponen, yaitu makhraj sebesar 50%, kelancaran 35%, dan adab 15%. Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa salah satu tujuan dari ujian praktik Al Quran Hadits adalah menanamkan jiwa cinta Al Quran.

Ischak menjelaskan bahwa orang tua wajib mengenalkan Al Quran pada putra-putrinya agar tertanam jiwa cinta Al Quran sejak dini. “Mempelajari Al Quran dan Hadits selain mendapatkan pahala juga akan mendapatkan kebaikan yang berlipat ganda. Tidak hanya itu, suasana di lingkungannya pun pasti selalu damai dan penuh keberkahan,” ungkap Ischak. (tna)




Lokasi: Semanu, Kec. Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar