Kamis, 16 Maret 2023

Nguri-uri Kabudayan Jadi Tema Ujian Praktik Bahasa Jawa MIN 8 Gunungkidul

 


Semanu ---- MIN 8 Gunungkidul menggelar ujian praktik bahasa Jawa untuk peserta didik kelas 6 pada Rabu (15/3/2023). Materi ujian praktik tersebut adalah pidato dengan bahasa Jawa atau sesorah. Sesorah dibuat sendiri oleh peserta didik untuk selanjutnya disampaikan di depan tim penguji.

Mengusung tema “Nguri-uri Kabudayan”, diharapkan bukan sekadar melatih mental berpidato, tetapi peserta didik dapat mengenal macam-macam kebudayaan asli Indonesia, khususnya budaya Jawa. “Generasi muda mulai tidak mengenal budayanya sendiri. Hal ini sangat mengkhawatirkan karena dapat menghilangkan budaya kita untuk selamanya. Oleh sebab itu, dengan tema Nguri-uri Kabudayan ini diharapkan peserta didik dapat menggali budaya-budaya Jawa dan mengkampanyekan kepada sesama untuk terus melestarikannya,” ungkap Ana selaku penguji.

Seno Giriyono dan Ana Roisah menjadi tim penguji pada ujian praktik kali ini. Penilaian didasarkan pada kesesuaian isi pidato dengan tema, penyampaian pidato, hingga unggah-ungguh atau sikap ketika berpidato. (tna)



Lokasi: Semanu, Kec. Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar