Sabtu, 18 Maret 2023

Peserta Didik Lantunkan Hymne Madrasah pada Uprak SBdP MIN 8 Gunungkidul

 


Semanu --- Jadwal ujian praktik (uprak) hari kelima di MIN 8 Gunungkidul adalah Seni Budaya dan Prakarya (SBdP). Uiian praktik ini diikuti oleh peserta didik kelas 6 pada hari Jumat (17/3/2023). Pada ujian kali ini, peserta didik dapat mengekspresikan jiwa seni masing-masing.

Teknik pelaksanaan ujian praktik SBdP adalah peserta didik diberi kesempatan untuk bernyanyi solo lagu wajib Indonesia Raya dan Hymne Madrasah. Kemudian mereka diberikan pilihan untuk menyanyikan satu lagu wajib nasional dan lagu daerah. Penampilan masing-masing peserta didik disaksikan dan dinilai oleh tim penguji yang dibagi dalam dua ruangan. Tim penguji pada ruang satu adalah Ninik Nuryanti dan Agustina Kusumawati. Sementara tim penguji pada ruang dua adalah Suwari dan Rumiyatun Rohassanah.

“Ternyata ada beberapa peserta didik yang belum hafal lirik lagu Hymne Madrasah, padahal lagu tersebut merupakan lagu wajib yang harus dihafalkan oleh seluruh warga madrasah. Meskipun banyak juga peserta didik yang hafal dan menyanyikannya dengan baik,” tutur Ninik.

Selanjutnya, Ninik menjelaskan pentingnya penghayatan dalam bernyanyi. “Penonton akan merasakan kekuatan pesan yang terdapat dalam lirik lagu apabila dinyanyikan dengan penuh penghayatan. Contoh dalam lagu Hymne Madrasah, banyak lirik-lirik yang meggetarkan hati. Misalnya pada bait, “Menjawab arus tantangan zaman. Menjadi benteng runtuhnya moral”. Mengandung pesan bahwa zaman yang terus berkembang membuat mudahnya berbagai pengaruh masuk dalam lini kehidupan anak-anak, baik itu pengaruh positif maupun negatif. Untuk itu dengan adanya madrasah di tengah-tengah masyarakat mampu membentengi anak-anak dari pengaruh-pengaruh negatif yang dapat meruntuhkan moral mereka,” tutup Ninik. (tna)



Lokasi: Semanu, Kec. Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar