Rabu, 15 Maret 2023

Uprak Bahasa Arab MIN 8 Gunungkidul : Tak Kenal Maka Taaruf

 


Semanu --- Sejumlah 45 peserta didik kelas 6 MIN 8 Gunungkidul mengikuti uprak (ujian praktik) mata pelajaran bahasa Arab pada hari Rabu, (15/3/2023). Tim penguji terdiri atas dua guru, yaitu Husni Darmawati dan Nurhayati.

Dalam ujian praktik ini, peserta didik diminta memperkenalkan diri menggunakan bahasa Arab (taaruf). Secara garis besar, isi dari taaruf para peserta didik memuat nama lengkap, alamat rumah, hobi, cita-cita, hingga nama orang tua. Teks taaruf ditulis sendiri oleh peserta didik kemudian disampaikan secara lisan di depan tim penguji. Selain taaruf, peserta didik juga diminta menuliskan beberapa mufradhat /kosa kata dalam bahasa Arab, membacanya, dan mengartikannya.

Husni mengungkapkan bahwa ujian praktik ini bukan sekadar mencari nilai untuk kelulusan saja, namun ia berharap peserta didik akan terus berusaha meningkatkan kemampuan berbahasa Arab karena merupakan bahasa Al Quran Al Karim. “Dengan modal bahasa Arab, kita akan lebih mudah dalam menghafalkan, memahami, dan mengamalkan isi Al Quran. Di tengah perkembangan globalisasi ini, satu-satunya cara untuk membentengi anak-anak dari pengaruh-pengaruh buruk adalah dengan mendalami ilmu agama. Maka, bahasa Arab memiliki andil yang besar untuk memudahkan belajar agama sejak dini,” jelas Husni. (tna)

 




Lokasi: Semanu, Kec. Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar