Selasa, 14 Maret 2023

Ujian Praktik Fiqih MIN 8 Gunungkidul Tekankan Pentingnya Ibadah Sehari-hari

 


Semanu ---- Fiqih masuk dalam rangkaian mata pelajaran yang membutuhkan penilaian ujian praktik untuk mengukur kompetensi lulusan peserta didik kelas 6 di MIN 8 Gunungkidul. Ujian praktik ini berlangsung pada hari Selasa, (14/3/2023) untuk kelas 6B, sedangkan untuk kelas 6A akan dilangsungkan pada hari Kamis, (16/3/2023). Tim penguji mata pelajaran fiqih adalah Ema Tri Wahyuni dan Suratmini yang merupakan jajaran dewan guru MIN 8 Gunungkidul.

Materi yang diujikan antara lain wudhu, shalat fardhu, dan hafalan doa sehari-hari. Ema menegaskan bahwa shalat fardhu dipilih sebagai materi ujian praktik karena merupakan amal ibadah yang akan dihisab pertama kali oleh Allah SWT. Sedangkan wudhu adalah syarat sah dari shalat itu sendiri.

“Ujian praktik shalat digelar guna mengukur kemampuan dan ketepatan gerakan serta bacaan shalat peserta didik,” tutur Ema. Ia juga menambahkan bahwa pembiasaan-pembiasaan ibadah seperti shalat dan doa sehari-hari merupakan salah satu kelebihan dari pendidikan di madrasah dibandingkan sekolah umum lainnya. “Jika tidak ada pembiasaan shalat dan doa sehari-hari di madrasah, belum tentu anak-anak mengenal praktik shalat yang baik dan doa sehari-hari,” tutup Ema. (tna)





 



Lokasi: Semanu, Kec. Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar