Rabu, 08 Desember 2021

MIN 8 Gunungkidul Jadi Tuan Rumah Penilaian Kinerja Kepala Madrasah Kapanewon Semanu


 

Lima Kepala Madrasah Ibtidaiyah di lingkungan Kapanewon Semanu melaksanakan kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) tahunan yang bertempat di MIN 8 Gunungkidul pada Rabu, (8/12/2021). Lima madrasah tersebut terdiri atas MIN 8 Gunungkidul, MI Muhammmadiyah Ploso, MI Muhammadiyah Munggur, MI YAPPI Sendang, dan MI YAPPI Piyuyon.

PKKM adalah proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya. Kinerja kepala madrasah, sebagaimana juknis, dinilai berdasarkan enam komponen penilaian. Enam komponen penilaian tersebut adalah kepribadian dan sosial, usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, supervisi guru dan tenaga kependidikan, serta hasil kinerja kepala madrasah.

Dari keenam komponen penilaian tersebut, terdapat tiga pengawas madrasah yang bertugas melakukan asesmen penilaian di MIN 8 Gunungkidul, beliau adalah Sihyu Darini, Purwata, dan Iskandar. “PKKM merupakan agenda rutin tahunan yang sudah biasa diikuti oleh kepala madrasah. Oleh sebab itu, ini bukanlah hal yang baru. Kami tidak menilai tetapi hanya saling mengoreksi. Sehingga jika ada sesuatu yang belum sesuai, bisa diperbaiki untuk ke depannya. Sedangkan apabila sudah baik, maka bisa dilanjutkan,” tutur Sihyu Darini Harsiwulan, pengawas madrasah dari Kantor Kemenag Gunungkidul. (tna)




Lokasi: Semanu, Kec. Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar