Kamis, 26 Mei 2022

ASPD-BK di MIN 8 Gunungkidul Terpantau Lancar

 


Semanu --- Sejumlah 39 peserta didik kelas enam MIN 8 Gunungkidul mengikuti ASPD-BK di madrasah sejak Senin (23/5/2022) hingga Rabu (25/5/2022). Dalam prosedur operasional standar penyelenggaraan, Asesmen Standardisasi Pendidikan Daerah (ASPD) adalah  kegiatan pengukuran capaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan mengacu pada standar kompetensi lulusan.

ASPD di MIN 8 Gunungkidul dilaksanakan berbasis komputer, dikenal dengan ASPD-BK. Peserta didik menggunakan laptop sebagai media untuk menampilkan soal dan proses menjawabnya. Terdapat tiga mata pelajaran yang diujikan, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. Masing-masing mata pelajaran diberikan durasi 90 menit.

Pelaksanaan ASPD ini dilakukan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan pandemi covid-19 dan dibagi dalam dua sesi. Di dalam ruang asesmen, peserta didik didampingi oleh proktor dan fasilitator. Proktor adalah petugas yang diberi kewenangan untuk menangani aspek teknis pelaksanaan ASPD-BK di ruang asesmen. Sementara fasilitator asesmen adalah guru yang diberi kewenangan untuk mengawasi dan menjamin kelancaran pelaksanaan ASPD-BK di ruang asesmen dengan sistem fasilitator silang antar madrasah/sekolah. Petugas fasilitator di MIN 8 Gunungkidul adalah guru dari SD Negeri 3 Semanu.

Selama tiga hari berlangsung, ASPD-BK di MIN 8 Gunungkidul terpantau lancar. Menurut Hamid selaku proktor, pelaksanaan ASPD-BK dapat berjalan lancar dan diikuti oleh seluruh peserta sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Tidak ada peserta didik yang mengikuti ASPD susulan. Ia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dari orang tua peseta didik yang turut memfasilitasi perangkat laptop demi kelancaran ASPD-BK di madrasah. (tna)




Lokasi: Semanu, Kec. Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar