Senin, 18 Oktober 2021

MIN 8 Gunungkidul Sukses Ikuti Simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer

Semanu - Sejumlah 15 peserta didik MIN 8 Gunungkidul mengikuti simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), Senin (18/10/2021). ANBK adalah program penilaian terhadap mutu yang dimiliki oleh satuan pendidikan atau madrasah. ANBK resmi menjadi pengganti UNBK yang telah diluncurkan pada tahun 2019 sebagai satu produk dari merdeka belajar. Berbeda dengan UNBK yang dilaksanakan pada jenjang akhir tahun, ANBK dilaksanakan oleh siswa-siswi kelas lima.

Program ANBK tidak akan mengevaluasi capaian siswa secara individu, tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil,” ungkap Laily Fauziah, kepala MIN 8 Gunungkidul.

ANBK sendiri rencananya akan digelar pada bulan November mendatang. Sebagai salah satu bentuk persiapannya, dilaksanakan simulasi terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan untuk menguji kemampuan server, laptop, dan daya dukung lainnya yang diperlukan saat proses ANBK nantinya.

“Sejauh ini tidak ada kendala yang berarti. Semua peserta dapat masuk dan mengerjakan soal. Dilihat dari hasil simulasi hari ini, kita siap melaksanakan ANBK di bulan November mendatang. Semoga tidak ada halangan apapun saat pelaksanaan ANBK nanti,” ungkap Hamid selaku proktor MIN 8 Gunungkidul. (tna)

 


0 komentar:

Posting Komentar