Kamis, 21 Oktober 2021

BIAS MIN 8 Gunungkidul Dilaksanakan Sesuai Standar Pelayanan Masa Pandemi Covid-19

 


Dalam rangka Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), petugas dari Puskesmas Semanu 1 melaksanakan imunisasi di MIN 8 Gunungkidul, Kamis (21/10/2021). Sasaran BIAS adalah seluruh siswa kelas satu serta siswa perempuan kelas lima. Siswa kelas satu mengikuti imunisasi MR (Measles and Rubela)dan pengecekan kesehatan, sedangkan siswa perempuan kelas lima mengikuti imunisasi HPV (human papillomavirus).

Sama seperti tahun sebelumnya, pelaksanaan BIAS tahun ini menerapkan standar pelayanan masa pandemi covid-19.  Protokol kesehatan diterapkan dalam pelaksanaan BIAS demi mencegah penularan virus covid-19. Para petugas dari puskesmas memakai APD lengkap, sementara para peserta imunisasi dan wali yang mendampingi wajib memakai masker. Sebelum dan sesudah pelaksanaan, dilakukan penyemprotan disinfektan pada ruang yang digunakan untuk imunisasi.

Alur kedatangan hingga selesai imunisasi diatur sedemikian rupa guna menghindari adanya kerumunan. Siswa masuk dari gerbang utama madrasah, dilanjutkan dengan pengecekan suhu badan dan cuci tangan. Kemudian siswa menunggu di ruang transit sampai mendapat panggilan dari petugas. Setelah dipanggil petugas, siswa mengikuti screening sebelum akhirnya masuk ke ruang imunisasi. Selesai imunisasi, siswa dikarantina terlebih dahulu selama lima belas menit.

“Meskipun di tengah pandemi covid-19, kegiatan BIAS dapat berjalan lancar dan terlaksana sesuai dengan standar pelayanan masa pandemi covid-19. Tidak ada kendala-kendala tertentu yang dihadapi. Semua terkondisi dengan baik,” tutur koordinator UKS MIN 8 Gunungkidul, Ayu Nur Hidayah. (tna)





0 komentar:

Posting Komentar