Sabtu, 23 Oktober 2021

Wisuda Tahfidz Juz 30 Jadi Puncak Semarak Hari Santri Nasional 2021 MIN 8 Gunungkidul

 


Semanu - Setiap tahun, MIN 8 Gunungkidul rutin menyelenggarakan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) dengan tema yang berbeda. Pada tahun ini, beragam rangkaian acara digelar guna menyemarakkan peringatan HSN, mulai dari penulisan mushaf Al-quran, tadarus online, apel pagi, mujahadah, launching website madrasah, dan sebagai titik puncaknya adalah wisuda tahfidz juz 30 yang digelar pada Jumat (22/10/2021).

Sejumlah delapan peserta didik yang terdiri dari kelas lima dan enam telah berhasil menyelesaikan hafalan juz 30. Delapan peserta didik berprestasi tersebut akhirnya menjadi wisudawan wisudawati tahfidz juz 30. Farhan Habib, Olivia, Tiara, Haninnida, Chery Chika, Zaskia, Marsha Candra, dan Ellis Sutifah merupakan nama-nama wisudawan wisudawati tahfidz juz 30 MIN 8 Gunungkidul.

Mengingat masih dalam suasana pandemi covid-19, wisuda tahfidz juz 30 digelar sederhana namun tetap bermakna. Wisuda tahfidz tersebut dihadiri oleh dua pengawas madrasah, dua perwakilan komite, kepala Kalurahan Semanu, serta seluruh pendidik dan tenaga kependidikan MIN 8 Gunungkidul.

Dihadapan para tamu undangan, wisudawan wisudawati tahfidz juz 30 melantunkan surat An-Naba dengan fasih. Setelah pembacaan surat An-Naba, prosesi wisuda dimulai dengan pemindahan tali toga, pengalungan samir, dan penyerahan piagam penghargaan oleh Laily Fauziah, kepala madrasah dan Sihyu Darini Harsiwulan, pengawas madrasah.

Menurut Laily, wisudah tahfidz ini merupakan agenda yang sempat tertunda. Pasalnya wisuda tahfidz juz 30 sudah diagendakan pada bulan Juni yang lalu. Namun, pada saat itu pandemi covid-19 sedang sangat maraknya di wilayah Semanu. Sehingga pelaksanaan wisuda tahfidz juz 30 baru bisa digelar di bulan ini bersamaan dengan peringatan Hari Santri Nasional 2021.

Sihyu Darini, pengawas madrasah, mengaku bangga dengan para wisudawan wisudawati juz 30. “Kalian telah mempersembahkan mahkota untuk kedua orang tua di surga,” tuturnya. Selain itu, Sihyu juga menyampaikan ucapan selamat kepada MIN 8 Gunungkidul karena telah berhasil mewujudkan program Kementerian Agama yaitu terlaksananya program tahfidz di madrasah.

Sementara Harto Muazan, Kepala Kalurahan Semanu, mengucapkan selamat kepada wisudawan wisudawati juz 30 sekaligus berpesan agar anak-anak hebat ini dapat menjadi suri tauladan bagi teman-temannya di rumah.

Prosesi wisuda tahfidz juz 30 ini juga ditayangkan secara langsung melalui kanal youtube resmi MIN 8 Gunungkidul dan disaksikan oleh seluruh peserta didik serta orang tua di rumah masing-masing. (tna)





Lokasi: Semanu, Kec. Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar