Senin, 17 April 2023

Lantunan Asmaul Husna dan Syiir Alala Jadi Salah Satu Cabang Lomba Pesantren Ramadhan MIN 8 Gunungkidul

 


Semanu ---- Salah satu agenda Pesantren Ramadhan MIN 8 Gunungkidul adalah lomba melantunkan asmaul husna dan syiir alala yang dilaksanakan pada hari Senin (17/4/2023). Lomba ini bersifat kelompok untuk diikuti oleh peserta didik kelas 4, 5, dan 6.

Lomba antar kelas ini menjadi begitu meriah lantaran setiap kelas menampilkan kekompakannya dengan panduan wali kelas masing-masing. Terdapat enam kelompok yang mengikuti lomba tersebut. Urutan penampilan ditentukan melalui undian yang diambil oleh ketua kelas. Undian pertama jatuh pada kelas 6B, kedua kelas 5B, ketiga kelas 6A, keempat kelas 5A, selanjutnya kelas 4B, dan undian terakhir jatuh pada kelas 4A.

Dalam kesempatan tersebut, ditemui Sugeng, salah satu panitia lomba. Ia menuturkan bahwa asmaul husna adalah nama-nama Allah yang paling baik lagi indah. Nama-nama Allah tersebut merupakan puncak dari keindahan karena mengandung makna yang sangat mulia lagi terpuji. Tujuan dari lomba ini adalah untuk membiasakan peserta didik mengenal sifat-sifat agung Allah.

Sementara syiir alala merupakan sebuah kitab yang berisi ringkasan pedoman mencari ilmu. Ringkasan ini disusun dalam bentuk syair yang bisa dilantunkan. Berdasarkan penjelasan Sugeng, dalam bait-bait awal dari syair alala disebutkan ada 6 syarat mencari ilmu yang harus dilakukan seorang pelajar. (tna)







Lokasi: Semanu, Kec. Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar