Jumat, 17 Oktober 2025

Dua Guru MIN 8 Gunungkidul Ikuti Pembekalan Kebijakan Kemenag dan Refleksi KKGMI 02

 


Playen ---- Dua guru dari Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 8 Gunungkidul, Suwari dan Ayu Nurhidayati, berpartisipasi aktif dalam kegiatan Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah (KKGMI) 02 Kabupaten Gunungkidul yang berlangsung pada Kamis (16/10/2025).

Kegiatan KKGMI 02 Gunungkidul kali ini difokuskan pada upaya peningkatan kompetensi guru melalui pembinaan dan penyampaian kebijakan pendidikan terkini dari Kementerian Agama (Kemenag). Acara yang bertempat di Uthy Bakery and Resto, Playen, ini menghadirkan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Dikmad) Kemenag Gunungkidul, Supriyanto, sebagai narasumber utama.

Materi yang disampaikan mencakup "Kebijakan Pendidikan Kementerian Agama" dan "Refleksi KKG MI Gunungkidul 02 Periode 2022/2025". Pembahasan ini bertujuan untuk menyelaraskan program madrasah dengan arah kebijakan pusat serta mengevaluasi capaian dan tantangan yang telah dilalui KKGMI selama periode kepengurusan.

Suwari dan Ayu Nurhidayati, yang merupakan anggota aktif KKGMI 02, mengikuti seluruh rangkaian acara dengan antusias. Menurut Ayu Nurhidayati, kegiatan ini sangat bermanfaat.

"Penyampaian kebijakan dari Kasi Dikmad sangat penting sebagai panduan kami di lapangan. Kami jadi tahu fokus Kemenag ke depan, khususnya dalam implementasi kurikulum dan peningkatan mutu guru, seperti tantangan kurikulum di madrasah," ujar Ayu.

Ia menambahkan, sesi refleksi juga menjadi momen krusial. "Melalui refleksi, kami dapat mengukur sejauh mana program KKG selama periode ini telah berjalan efektif, serta merumuskan langkah perbaikan untuk program kerja KKGMI selanjutnya agar dampaknya lebih terasa dalam peningkatan kualitas pembelajaran di madrasah," tutupnya.

Partisipasi aktif guru MIN 8 Gunungkidul dalam forum KKG ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi kemajuan madrasah, terutama dalam mengimplementasikan kebijakan pendidikan dan meningkatkan kualitas lulusan. (tna)

0 komentar:

Posting Komentar